Pusat Alat Safety di Glodok

pusat alat safety di glodok

Jika Anda hendak bekerja di ketinggian, datanglah ke pusat alat safety di Glodok. Bekerja di ketinggian merupakan pekerjaan yang memiliki risiko tinggi bukan? Jadi Anda membutuhkan jual alat safety.

Meskipun kita mengetahui jika pekerjaan apapun memiliki risiko, namun pekerjaan yang berhubungan dengan ketinggian memiliki risiko yang lebih tinggi. Potensi untuk jatuh dan menyebabkan cidera parah, kerusakan harta benda hingga meninggal pun mengancam para pekerja. Jadi tak heran jika gaji mereka pun juga lebih tinggi karena ini sesuai dengan risiko pekerjaannya.

Nah, untuk itu guna meminimalisir risiko tinggi kecelakaan kerja, penting dan wajib menggunakan peralatan keamanan kerja yang sesuai dengan aturan atau standar yang berlaku. Anda bisa dapatkan ini dengan datang ke pusat alat safety di Glodok.

Alat Safety Kerja di pusat alat safety di Glodok

                Bekerja di ketinggian memang berisiko, untuk itu diwajibkan para pekerjanya mengenakan alat safety. Perlengkapan standar keamanan ini akan meminimalisir risiko cidera dalam bekerja. Nah, lantas adakah batas minimal ketinggian yang masuk dalam kategori bekerja di ketinggian?

                Secara spesifik belum ada standar jarak minimum. Namun banyak perusahaan menggunakan angka 1,8 meter hingga 2 meter sebagai batas bawah untuk masuk kategori bekerja di ketinggian. Ketika sudah masuk dalam rentang angka tersebut, artinya pekerja tersebut harus sudah menggunakan alat-alat safety yang memang di khususkan untuk pekerja di ketinggian.

                Apa saja alat tersebut? Berikut beberapa alat safety yang bisa di temukan di pusat alat safety di Glodok untuk pekerjaan yang berhubungan dengan ketinggian.

  1. Safety belt
    Alat safety ini mirip dengan body harness. Bedanya penggunaan dan bentuknya. Safety belt melingkar pada pinggang. Selain itu safety belt hanya di rekomendasikan untuk pekerja yang memiliki risiko kecil untuk jatuh dari ketinggian.
    Untuk pekerjaan dengan jarak yang cukup tinggi lebih baik menggunakan full body harness. Penggunaan safety belt tetap memungkinkan bagian pinggang atau tulang belakang untuk cedera jika jatuh dari ketinggian.
    Namun jika ingin tetap menggunakan safety belt, pastikan memasang pagar pengaman di sekitarnya ketika berada di ketinggian.
  2. Full body harness
    Seperti yang di sebutkan di atas, full body harness menjadi alat yang di rekomendasikan pada pekerjaan yang berhubungan dengan ketinggian. Full body harness di desain melindungi seluruh bagian tubuh pekerja sehingga ketika terjatuh atau terpeleset risiko cidera parah bisa di minimalisir.
  3. Shocker Absorber
    Ini adalah peredam kejut yang di fungsikan untuk menyerap energi kinetic serta ditujukan mengurangi tekanan akibat terjatuh. Alat ini memiliki tiga fungsi antara lain:
  4. Mengurangi tekanan pada anchor
  5. Mengurangi kerusakan pada komponen sistem penahan jatuh
  6. Mengurangi tekanan penahanan tubuh ketika terjatuh

Alat ini biasanay di pasang menyatu dengan lanyard. Berdasarkan dari standar CSA Z259.11, penahan kejut ini mampu memperpanjang lanyard hingga 1.2m ketika jatuh dari ketinggian 1.8 meter dengan beban 100kg.

  1. Lanyard
    Ini adalah tali pendek yang di fungsikan untuk menahan guncangan ketika pekerja jatuh. Lanyard akan meregang hingga 1.2 meter untuk membatasi guncangan yang terjadi ketika itu. Pemasangan lanyard atau hook paling tidak sejajar atau di atas dada guna mengurangi jarak jatuh tubuh atau jarak vertical pekerja.
  2. Anchor point
    Alat satu ini harus dipastikan telah di pasang sebelum pekerja mulai bekerja. Anchor harus tersambung pada lanyard atau lifeline dan harus stabil serta kuat. Anchor mampu di gunakan sebagai penahan atau pelindung untuk pekerja dari kemungkinan terjatuh karena memiliki kemampuan untuk menahan beban sekitar 363kg. Namun jika penggunaan anchor sebagai penahan ketika terjatuh, maka anchor tersebut harus mampu menahan berat setidaknya 2.5 ton.
  3. Fall Arrestor
    Alat atau perangkat ini di butuhkan bagi pekerja yang memerlukan perpindahan tempat secara vertical untuk jarak yang panjang atau jauh.
  4. Lifeline
    Di buat dari kawat, anyaman atau serat, lifeline bekerja sebagai tali pengaman fleksibel yang di kaitkan dengan anchor point. Untuk pekerja di ketinggian, lifeline yang di gunakan minimal memiliki daya tarik 2.75 ton. Lifeline bisa di pasang baik horizontal ataupun vertical tergantung dari kebutuhan Anda. Pemasangannya pun juga harus di perhatikan dengan baik apakah benar-benar terpasang pada anchor point atau tidak. Serta cek apakah ada lifeline yang mengalami kerusakan.
  5. Retractable lifeline
    Perangkat ini juga bisa di temui di pusat alat safety di Glodok. Cara kerja dari perangkat ini mirip dengan cara kerja sabuk pengaman pada mobil. Jadi ketika pekerja melakukan gerakan baik horizontal ataupun vertical, secara otomatis lifeline akan menarik dan memanjang ke kondisi awal. Nah, jika terjadi gerakan yang tiba-tiba, perangkat ini akan mengunci.

Itulah beberapa perangkat yang bisa digunakan untuk para pekerja di ketinggian yang bisa di dapatkan di pusat alat safety di Glodok. Karena bekerja di ketinggian memiliki risiko yang cukup tinggi pula, maka pastikan jika Anda memilih perangkat yang memang berkualitas. Anda bisa mendapatkannya di Toko Alat Safety PT. Dunia Cakrawala sebagai Jual Alat Safety di pusat alat safety di Glodok.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!