Pusat Safety Sign Indonesia

Pusat Safety Sign Indonesia

Seringkali kita menemukan Pusat Safety Sign Indonesia di tempatkan di proyek atau jalanan bukan? Ya, tujuan dari penempatan safety sign ini untuk menghindari bahaya yang tidak bisa sepenuhnya di hilangkan guna mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

Safety sign sekarang bisa di dapatkan dengan mudah karena banyak yang telah menjualnya lewat media online baik website ataupun marketplace. Meski begitu penting bagi Anda untuk pergi ke pusat safety sign Indonesia, Toko Alat Safety PT. Dunia Cakrawala, untuk mendapatkan safety sign terbaik, berkualitas dengan harga yang kompetitif.

Namun sebelum beranjak ke pusat safety sign Indonesia, baiknya kita ketahui dulu seberapa pentingkah safety sign.

Pentingkah Safety Sign?

                Pemasangan safety sign tak hanya sekedar kebutuhan regulasi saja namun memang hal ini sangat bermanfaat untuk menghindari terjadinya penyakit akibat kerja atau kecelakaan kerja. Pemasangan safety sign juga di sebut sebagai pengendalian administrative untuk menurunkan bahaya dan risiko di tempat kerja.

Namun pertanyaannya, apakah pemasangan ini benar-benar mampu menurunkan atau mengendalikan bahaya sepenuhnya?

Safety sign memang bukan pengendalian bahaya utama di tempat kerja, namun tidak di pungkiri jika ini memiliki peranan yang cukup penting untuk mengendalikan bahaya di tempat kerja. Safety sign berfungsi sebagai pengingat bagi para pekerja ataupun tamu proyek tersebut tentang adanya potensi bahaya di kawasan tersebut.

Misalnya ada sebuah galian dan pekerja lupa memasang safety sign di sekitar lubang galian tersebut. Bisa jadi karena hal tersebut, banyak pekerja atau mereka yang lalu lalang di sekitarnya terperosok kedalam lubang galian. Nah, dari hal kecil ini bisa kita lihat pentingnya safety sign bukan?

Bagaimana cara memasang safety sign yang tepat ala pusat safety sign Indonesia?

                Banyak perusahaan yang memasang safety sign hanya ala kadarnya. Mereka tidak terlalu memperdulikan hal ini karena menganggapnya kurang penting. Hal inilah yang membuat safety sign kurang efektif. Lantas bagaimaca cara pemasangan safety sign yang benar dan tepat? Di bawah ini tips dari pusat safety sign Indonesia untuk Anda:

  1. Tentukan kebutuhan safety sign
    Untuk menentukan kebutuhan akan safety sign Anda bisa menggunakan safety sign assessment. Survei ini membantu Anda untuk menentukan lokasi, ukuran, material, desain dan cara pemasangan safety sign sesuai kebutuhan proyek.
  2. Pastikan safety sign sesuai dengan standar nasional ataupun internasional baik dari bentuk, warna, teks ataupun desain
    Berdasarkan dari standar ANSI Z535, pesan harus ringkas dan mudah di baca. Selain itu safety sign juga harus memuat informasi yang mudah di pahami dan jelas. Untuk isian teksnya memiliki headline dengan pernyataan tingkas terkait tindakan, konsekuensi bahaya jika tidak menghindari bahaya, deskripsi bahaya, serta informasi tanggap darurat.
    Selain itu perlu di garis bawahi selain isi teks, warna, desain, bentuk harus sesuai dengan standar baik internasional ataupun nasional. Tujuannya agar para kontraktor, pekerja atau mereka yang jadi tamu bisa melihatnya mudah untuk memahami pesan tersebut.
  3. Pilih material sesuai dengan lokasi kondisi tempat pemasangan
    Ketika memasang safety sign, tentu kita akan bertanya apakah safety sign tersebut bisa di pasang baik indoor ataupun outdoor atau tidak. Lantas apakah material yang di gunakan di jalur evakuasi akan sama dengan material yang di gunakan pada area yang terkontaminasi bahan kimia?
    Untuk masalah material, memang belum ada standar khusus yang mengaturnya. Namun kita bisa mencoba mencari tahu sendiri jenis material yang tepat untuk kondisi tempat yang berbeda. Berdasarkan ANSI/OSHA, di bawah ini beberapa faktor yang perlu di jadikan pertimbangan saat memilih material untuk safety sign:
  4. Daya rekat
  5. Tahan goresan, tahan air dan tahan pudar
  6. Temperatur suhu di area kerja
  7. Kondisi penerangan atau pencahayaan (perlu di pertimbangkan pula penggunaan bahan luminous agar safety sign bisa menyala dalam gelap, contohnya alat pemadam api, rambu evakuasi dan lain sebagainya)
  8. Kontaminasi bahan kimia
  1. Pasang di tempat yang mudah di lihat tidak tersembunyi
    Salah satu fungsi dari safety sign yakni agar orang bisa mengantisipasi bahaya di suatu lokasi dari kejauhan. Jadi pastikan untuk memasang safety sign di tempat yang mudah terlihat dan mudah untuk dibaca dari kejauhan.
    Untuk jarak sendiri, paling tidak jarak minimal adalah 1,5 meter. Jarak di butuhkan agar seseorang yang melihat tanda ini bisa memiliki cukup waktu untuk mengikuti instruksi dalam rambu dengan aman dan cepat.
  2. Hindari penempatan empat rambu dalam satu area yang sama
    Penempatan rambu berlebih akan membuat pembaca kesulitan memahami instruksinya dan tentu ini justru merugikan.

Diatas adalah ulasan terkait seberapa penting safety sign dan juga cara pemasangannya dari pusat safety sign Indonesia. Pemasangan safety sign kadang kala dianggap remeh, padahal ini adalah cara yang cukup efektif untuk mengingatkan semua orang yang ada dalam lingkup kerja ditempat tersebut. Terakhir, jika Anda membutuhkan safety sign, Anda bisa hubungi toko alat safety pusat safety sign Indonesia, Jual Alat Safety PT. Dunia Cakrawala.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!