Alat Safety di Jakarta

Alat Safety di Jakarta

Salah satu jenis alat safety di Jakarta yang cukup perlu dikenali ialah berkaitan dengan pemadaman kebakaran. Sebab kebakaran sangat mudah terjadi dalam berbagai tempat. Mulai dari rumah sampai gedung bertingkat.

Kebakaran bahkan bisa terjadi tanpa adanya perkiraan sebelumnya. Walaupun telah berhati-hati ketika memakai suatu perangkat, tetap ada kemungkinan muncul kecelakaan berkaitan dengan nyala api tersebut.

Salah satu cara untuk menghindari kecelakaan jenis ini ialah menyiapkan alat pereda kobaran api. Paling tidak dapat mencegah nyala api semakin meluas. Jadi juga dapat mencegah masalah semakin besar.

Alat Safety di Jakarta, Alat Pemadam Api Ringan

Menyiapkan alat pereda nyala api bukan hal sulit untuk dilakukan. Caranya cukup membeli melalui toko khusus di Jakarta. Salah satunya ialah Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Peralatan ini terbilang praktis karena dapat dibawa dengan mudah. Tersedia pengukur tekanan yang membuat Anda bisa mengatur kinerja dari peralatan tersebut. Sementara bobotnya ialah mulai dari satu sampai 9 kilogram.

APAR mempunyai waktu kedaluwarsa. Umumnya ialah selama 12 bulan saja. apabila sudah melebihi waktu tersebut maka wajib untuk memakai produk baru. Berikut ini berbagai tipe APAR.

  1. APAR yang Mempunyai Kandungan Kimia (Dry Chemical Powder)

APAR yang berisi benda kimia ini merupakan alat safety di Jakarta dengan tugas menghalau oksigen dalam kebakaran. Dry Chemical Powder terbuat dari perpaduan beberapa komponen.

Sementara sifat dari produk ini yang berupa titik lebur rendah akan menjadi tameng dalam mencegah oksigen mempengaruhi kebakaran. Sebab, api dapat semakin membesar apabila tersedia suplai oksigen.

  • APAR Karbondioksida

APAR karbondioksida mempunyai suhu rendah yang mampu meredakan kobaran api. Suhu rendah mampu mempengaruhi nyala api. Namun, APAR karbondioksia tidak bisa dipakai dalam ruangan tertutup. Sebab berpengaruh buruk pada pernapasan.

  • APAR Foam AFFF atau Aqueous Film Forming Foam

Foam AFFF yang dihasilkan dari alat safety di Jakarta ini akan membungkus material terbakar. Melalui cara ini, api tidak bisa merambat sebab oksigen terhalangi.

  • APAR Hydrochlorofluorocarbon (HCFC)

Jenis berikutnya ialah APAR dengan kandungan Hydrochlorofluorocarbon dengan tujuan seperti lainnya yakni meredakan nyala api. Keunggulan dari HCF ialah tidak menyisakan residu sehingga terbilang bersih.

HFC juga tidak mampu menjadi perantara listrik. Dampak positifnya ialah mencegah kerusakan pada berbagai benda elektronik. Cukup menarik keunggulan yang ditawarkan oleh Hydrochlorofluorocarbon.

Menyimak Alat Pemadam Kebakaran Lainnya

Selain APAR, masih ada beberapa jenis alat lain yang bisa dipakai untuk meredakan kobaran api. Jadi ada berbagai pilihan apabila Anda ingin menyediakannya sebagai bentuk persiapan apabila suatu waktu muncul kobaran api.

  1. Alat Pemadam Api Thermatic

Tipe alat safety di Jakarta untuk meredakan nyala api lainnya ialah thermatic. Tipe thermatic akan mematikan kebakaran secara otomatis. Umumnya akan diletakkan pada plafon. Jumlahnya dapat disesuaikan dengan keperluan ruangan.

Tipe thermatic ini mempunyai sensor yang akan mengenali adanya asap atau api menyala. Sehingga akan memberikan tindakan pertama ketika muncul risiko kebakaran. Tipe ini sangat cocok diterapkan pada tempat dengan banyak ruangan.

  • Hydrant

Hydrant ialah alat safety di Jakarta yang tidak asing dijumpai pada trotoar atau pinggir jalan. Hydrant ialah sumber air yang dapat dipakai apabila terjadi suatu kebakaran. Sehingga memberikan suplai air melimpah untuk meredakan nyala api.

  • Alat Pemadam Api Berat

Alat ini umumnya juga dinamakan dengan trolley yang mempunyai roda dan regulator. Regulator berfungsi sebagai pengatur tekanan gas karbondioksida atau nitrogen. Umumnya diletakkan pada lokasi dengan risiko besar seperti pengisian bahan bakar.

Sementara bobot dari produk tersebut ialah berkisar antara 20 sampai 80 kg. sementara bobot karbondioksida di dalamnya kurang lebih 9 sampai 45 kg. karena begitu berat, perlu lebih dari 2 orang untuk bisa menggunakannya.

  • Alat Portable

Selain tersedia produk dengan sensor dan bobot berat, ada juga alat safety di Jakarta yang mudah dibawa atau praktis. Sebab ukurannya yang ringkas dan terbilang ringan. Tipe portable biasa dipakai untuk mengatasi kebakaran kecil.

Bobot dari jenis portable ini hanya berkisar antara 1 sampai 2 kg saja. Sehingga bisa dioperasikan oleh satu orang. Namun produk tersebut hanya bisa dipakai untuk satu kali.

Apabila Anda memerlukan alat untuk meredakan nyala api, bisa mengunjungi toko kami di PT Dunia Cakrawala. Perusahaan kami menyediakan berbagai produk yang bisa Anda pilih berdasarkan keperluan.

Suatu kecelakaan merupakan kejadian yang bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. termasuk kaitannya dengan kebakaran. Untuk mencegah risiko besar, penting menyiapkan alat safety di Jakarta yang berguna dalam meredakan nyala api.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!