Alat Pernapasan Pemadam Kebakaran

Alat pernapasan pemadam kebakaran menjadi salah satu ornamen safety yang wajib untuk digunakan dalam kondisi darurat. Alat satu ini seringkali juga di sebut breathing apparatus. Fungsi utama dari perangkat satu ini adalah membantu melancarkan pernapasan ketika sedang berada di dalam kondisi darurat atau berbahaya.

Perangkat satu ini juga tersedia dalam berbagai varian. Ada yang hanya bisa di gunakan di darat, namun ada juga breathing apparatus yang bisa Anda gunakan di dalam air. Tentu saja Anda bisa memilih varian breathing apparatus yang tersedia sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Saat ini ada banyak sekali penyedia perangkat tersebut di pasaran. Namun pastikan Anda memilih produk dengan kualitas terbaik karena fungsi dari alat satu ini benar-benar krusial terhadap hidup seseorang. Jangan sampai Anda menyepelekannya.

Alat Pernapasan Pemadam Kebakaran
Alat Pernapasan Pemadam Kebakaran

Jenis Alat Pernapasan Pemadam Kebakaran 

Sejauh ini ada dua jenis breathing apparatus yang bisa Anda temukan di pasaran. Tentu saja penting bagi Anda untuk mengenal kedua jenisnya agar tidak salah pilih ketika hendak menggunakannya. Di sisi lain, fungsi dari kedua perangkat ini memang berbeda.

  1. Self Contained Breathing Apparatus (SCBA)

Jenis alat pernapasan pemadam kebakaran pertama kita kenal dengan nama Self Contained Breathing Apparatus. Perangkat ini seringkali di singkat dengan nama SCBA atau BA saja.  Umumnya perangkat tersebut di gunakan oleh pemadam kebakaran ketika melaksanakan tugas.

Terutama ketika melakukan pemadaman di bagian dalam bangunan atau ketika melakukan penyelamatan korban kebakaran. Perangkat satu ini berperan besar dalam menjaga kelancaran pernapasan tim penyelamat.

  1. Self Contained Underwater Breathing Apparatus (SCUBA)

Jenis alat pernapasan pemadam kebakaran lainnya adalah Self Contained Underwater Breathing Apparatus. Perangkat satu ini sering kita sebut dengan nama SCUBA. Kebanyakan orang menggunakannya untuk menyelam. Namun sebenarnya ini adalah salah satu ornamen safety yang di gunakan untuk menjaga kelancaran organ pernapasan dalam kondisi darurat.

Perangkat yang ada di dalam alat ini di lengkapi dengan fitur anti air sehingga tetap aman di gunakan ketika menyelam. Namun pastikan untuk melihat resistansi tabung yang di gunakan dan sesuaikan dengan kedalaman penyelaman yang di lakukan.

Tiga Komponen Utama Alat Pernapasan Pemadam Kebakaran 

Penting untuk dipahami kalau alat pemadam kebakaran satu ini terdiri atas beberapa komponen utama. Masker breathing apparatus yang sedang kami bahas ini memiliki teknologi mandiri atau self-contained.

Artinya rangkaian sistem pernapasan pada perangkat tidak bergantung dengan persediaan udara atau tabung udara yang biasa di bawa. Perangkat satu ini memang tidak menghasilkan oksigen murni, tapi hanya melakukan filtrasi dan kompresi terhadap udara yang ada di sekitar perangkat.

Alat pernapasan tersebut memiliki sifat resisten terhadap api. Hal ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan asupan udara yang memadai. Bagi Anda yang belum terlalu mengenal perangkat ini, breathing apparatus terdiri atas tiga komponen utama. Apa saja jenis komponen tersebut?

  1. Tabung atau Tangki

Komponen alat pernapasan pemadam kebakaran yang pertama adalah tabung atau tangki. Di dalamnya terdapat udara bertekanan tinggi dengan volume yang begitu variatif. Umumnya kapasitas tabung ini berkisar antara 2L hingga 9L.

Bahan baku yang digunakan untuk tabung tersebut adalah baja, aluminium hingga fiber komposit. Hal inilah yang membuat daya tahan tabung menjadi sangat tangguh meskipun dibawa dalam berbagai kondisi ekstrim.

  1. Regulator

komponen lain dari alat pernapasan pemadam kebakaran adalah regulator untuk mengatur tekanan. Regulator ini bentuknya menyerupai inhalasi atau masker mulut. Ada juga beberapa jenis regulator yang bentuknya menyerupai corong dengan kombinasi masker wajah atau masker mulut.

Fungsi dari komponen alat ini adalah menjadi penyalur udara dari perangkat ke pengguna. Selain itu kegunaan dari perangkat satu ini adalah menghindarkan pengguna dari udara yang sudah terkontaminasi.

  1. Backpack Plate dan reducer Valve

Komponen lain dari alat pernapasan pemadam kebakaran ini adalah Backpack plate yang berfungsi untuk mengakomodasi tabung berikut tangki udara atau silinder yang ada di dalamnya. Jika tidak ada backpack plate kinerja dari SCBA ini tidak akan maksimal.

Reducer valve memiliki fungsi utama untuk menurunkan tekanan tabung udara. Jika tekanan tabung umumnya mencapai 300 Bar. Maka reduce valve ini bisa menekannya hingga ke angka 8 Bar saja.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan alat ini, jangan ragu untuk menghubungi kami PT. Dunia Cakrawala di nomor yang tersedia. Karena kami merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pengadaan alat-alat keselamatan kerja yang berdiri sejak tahun 1999. Dengan memilih kami, dijamin Anda akan mendapatkan penawaran terbaik di kelasnya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!