Breathing Apparatus Fungsi

Breathing apparatus fungsi sudah sepatutnya di ketahui apabila Anda ingin membelinya. Alat yang berguna untuk membantu pernapasan mandiri ini sangat penting keberadaannya di instansi pemadam kebakaran dan juga kapal.

Breathing apparatus bisa menyuplai oksigen sehingga penggunanya tetap dapat bernapas seperti biasa saat berada di lingkungan berbahaya. Seperti asap tebal, gas berbahaya hingga di tempat yang terdapat gas terkontaminasi zat beracun.

Orang yang biasa bekerja di lingkungan risiko kerja tinggi atau lingkungan mengandung zat beracun mudah terhirup, sudah pasti di anjurkan menggunakan breathing apparatus fungsi. Alat ini tidak hanya sekedar pengaman saja namun juga bisa menjamin keselamatan penggunanya.

Salah satu profesi yang wajib menggunakan alat bantu pernapasan adalah petugas kebakaran. Risiko pekerjaan satu ini sangat tinggi terutama ketika memadamkan kobaran api yang sangat besar dan asap yang tebal. Dengan menggunakan breathing apparatus maka petus bisa memadamkan kebakaran dengan aman dan membahayakan di rinya sendiri. Selain mengetahui fungsinya, setiap pengguna juga harus tahu bagaimana cara penggunaan alat ini.

 Breathing Apparatus Fungsi

Ketahui Breathing Apparatus Fungsi

Alat bantu pernapasan yang sengaja di desain menyerupai tabung lengkap dengan helm tentu memiliki manfaat besar bagi penggunanya. Breathing apparatus merupakan alat yang terdiri dari botol atau tabung bertekanan udara, penunjuk tekanan serta masker berikut peralatan pembawanya.

Sebelum di gunakan, biasanya pengguna akan melakukan pengecekan volume oksigen yang tersisa di dalamnya. Selain itu mereka juga harus memastikan tidak ada kebocoran. Apabila oksigen telah habis maka perlu di isi ulang.

Breathing apparatus fungsi bermanfaat sebagai pelindung bisa di isi dengan udara bebas. Alat ini juga di lengkapi dengan bunyi alarm atau peluit yang bisa berbunyi pada saat volume oksigen di dalamnya telah menipis. Hal ini sangat menguntungkan bagi penggunanya sebab mereka bisa mengetahui kapan harus segera keluar dari lokasi berbahaya. Fungsi utama breathing apparatus adalah sebagai alat bantu pernapasan seseorang yang bisa di gunakan bekerja di tempat berisiko tinggi.

Jenis Breathing Apparatus Berdasarkan Fungsinya

Para petugas pemadam kebakaran dan pekerja kapal di wajibkan memahami breathing apparatus secara mendetail, termasuk jenis dan fungsinya. Berdasarkan fungsinya alat ini terbagi menjadi tiga macam yaitu sebagai berikut:

  1. Breathing Apparatus Rescue Unit

Alat jenis ini sering kali di gunakan dalam proses pertolongan atau penyelamatan di lingkungan yang terkena paparan gas berbahaya. Menggunakan breathing apparatus rescue unit, pengguna tidak perlu khawatir menghirup zat berbahaya sebab telah terlindungi dengan sempurna.

Meski demikian alat ini hanya bisa di gunakan secara optimal dalam waktu singkat selama kurang lebih 30 menit saja.

  • Breathing Apparatus Work Unit

Breathing apparatus fungsi jenis work unit adalah di gunakan pada saat melakukan pekerjaan berisiko dalam waktu singkat. Sebab jenis breathing apparatus work unit hanya bisa di gunakan selama 10 menit saja.

Meski demikian alat ini memiliki kelengkapan sangat lengkap, yaitu berupa peralatan sambungan khusus atau quick coupling yang bisa di sambungkan dengan bagian cadangan udara. Media ini di tempatkan dalam botol-botol dengan kapasitas besar.

Apabila breathing apparatus work unit tersebut telah terhubung dengan botol cadangan udara, maka penggunaannya bisa lebih lama mencapai 30 menit bahkan lebih.

  • Breathing Apparatus Escape Unit

Breathing apparatus fungsi membantu pernapasan saat seseorang meninggalkan lokasi paparan menuju tempat aman. Jenis escape unit hanya bisa di gunakan selama 10 menit saja.

Alat ini memang sengaja di gunakan dengan proses cepat sebab model maskernya di desain sesederhana mungkin, sehingga sangat mudah untuk digunakan. Para penerapannya breathing apparatus ini juga sering kali di pakai untuk menyelamatkan korban yang terpapar gas ketika proses evakuasi berlangsung.

Selain itu korban yang belum sempat mendapat pertolongan medis juga bisa menggunakannya. Breathing apparatus fungsi inilah yang membuat breathing apparatus escape unit juga disebut elsa atau emergency lige support apparatus.

Alat bantu pernapasan bisa berfungsi secara optimal apabila di gunakan sesuai petunjuk operasionalnya. Pastikan pengguna tidak berambut panjang atau memiliki jenggot agar masker bisa menutup seluruh bagian wajah secara sempurna tanpa celah.

Jika Anda sedang bingung mencari alat bantu pernapasan berkualitas, maka lebih baik menghubungi PT. DUNIA CAKRAWALA. Pastinya kami telah berpengalaman menyediakan berbagai barang dan alat keselamatan kerja sejak tahun 1999.

Klien yang menggunakan jasa kami sudah banyak baik instansi swasta juga pemerintah. Kami pastikan breathing apparatus fungsi maksimal dan bermutu tinggi.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!