Breathing Apparatus di Kapal

Keberadaan breathing apparatus di kapal memang sangat penting. Segala macam risiko seperti kebakaran tetap berpeluang terjadi pada kapal. Untuk itu alat ini perlu di persiapkan sebagai salah satu cara penanggulangan.

Keselamatan kerja selama ini menjadi prioritas utama bagi para pekerja yang berada di darat atau laut. Kebakaran menjadi salah satu bahaya terbesar bagi para pekerja di kapal laut.

Selain melatih seluruh awak kapal tentang kewaspadaan di tempat kerja, mereka juga perlu di bekali penggunaan alat-alat keamanan. Salah satunya adalah breathing apparatus di kapal.

Alat ini berfungsi membantu pernapasan para pemadam kebakaran saat berusaha memadamkan api. Menggunakan breathing apparatus maka keselamatan pekerja akan lebih terjamin.

Bukan hanya pemadam kebakaran saja yang membutuhkan breathing apparatus. Pekerja yang bekerja di kapal juga wajib mengenali penggunaan alat ini berikut fungsinya agar bisa mengatasi apabila terjadi kebakaran secara mendadak. Menggunakan breathing apparatus di kapal, maka awak kapal bisa memasuki area berbahaya dengan tingkat yang berbeda-beda. Hal ini di sebabkan karena sistem pernapasan terlindungi termasuk bagian wajah.

 Breathing Apparatus di Kapal

Berbagai Tipe Breathing Apparatus di Kapal

Ada beberapa kategori breathing apparatus yang biasa di gunakan di atas kapal. Tipenya sendiri di bedakan menjadi tiga kelompok berbeda, yaitu sebagai berikut:

  1. Self Contained Breathing Apparatus (SCBA)

Alat ini termasuk pada tipe breathing apparatus dengan fungsi menyuplai udara atau oksigen, sehingga penggunanya bisa melakukan mobilitas tinggi.

Akan tetapi perangkat ini tidak dapat memasok oksigen dalam jangka panjang melainkan waktunya terbatas. Setidaknya ada dua jensi SCBA yaitu :

  • Oxygen breathing apparatus (OBA) yang berfungsi menyuplai oksigen secara kimia.
  • Demand units yang memiliki fungsi menyediakan oksigen yang telah di bawa oleh pengguna.
  • Hose Masks atau Fresh Air Type Breathing Apparatus

Hose mask merupakan tipe yang menggunakan penutup wajah. Bagian ini memiliki penghubung ke pompa melalui selang panjang.

Udara dapat di alirkan ke pengguna di mana mobilitasnya di batasi oleh berat dan panjang selang. Akan tetapi penggunaannya tidak bisa dalam jangka waktu panjang.

Untuk itu pengguna harus peka saat menggunakan alat ini. Apabila oksigen telah menipis maka alarm seperti peluit akan berbunyi. Sehingga pengguna bisa segera bergegas keluar dari tempat berbahaya.

  • Gas Masks

Tipe breathing apparatus di kapal satu ini mempunyai kemampuan untuk menyaring kontaminan di udara yang berpeluang terhirup.

Perlu di ketahui, alat ini hanya mampu di gunakan pada atmosfer yang terdapat oksigen dalam jumlah cukup dan berpeluang mendukung adanya kehidupan.

Pada dasarnya setiap tipe breathing apparatus bisa berfungsi secara maksimal apabila penggunaannya sesuai prosedur yang tepat. Untuk setiap tipenya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan.

Meski demikian tidak ada tipe yang dapat memberikan perlindungkan secara lengkap terhadap gas beracun, terutama yang bisa di serap oleh kulit.

Bagi awak kapal yang seringkali bekerja di atmosfer yang mengandung racun, wajib menggunakan pakaian pelindung khusus.

Ketentuan Penggunaan Breathing Apparatus di Kapal

Setiap kapal sudah semestinya menyediakan breathing apparatus. Terkait jenis atau tipe yang akan di gunakan bisa menyesuaikan dengan jenis serta ukuran kapal.

Sebagai contoh kapal angkut dan tangki lebih dari 1016 metrik ton di wajibkan menyediakan minimal dua breathing apparatus. Kemudian kapal penumpang hingga 10.160 metrik atau lebih harus menyediakan tiga alat bantu pernapasan.

Aturan itu adalah persyaratan minimal. Selama ini banyak pemilik serta operator yang menyediakan breathing apparatus di kapal satu buah untuk satu awak. Selain itu juga tersedia lata yang berguna untuk mendukung operasi breathing apparatus.

Penyimpanan alat bantu pernapasan harus di tempatkan di lokasi yang mudah di akses dan nyaman. Sebagai contoh menyimpannya di tempat yang dekat rumah pilot atau di pintu masuk ruang mesin.

Alat batu pernapasan lainnya juga harus di simpan bersama peralatan. Setiap wadah harus di beri tanda berukuran besar sesuai isinya. Sehingga mudah di lihat dan di ketahui.

Bagi Anda yang kini membutuhkan BA untuk keperluan kapal,maka di sarankan untuk menghubungi PT. DUNIA CAKRAWALA. Perusahaan kami telah menyediakan berbagai barang dan alat keselamatan kerja sejak tahun 1999. Kami selalu mengutamakan mutu sehingga produk di jamin berkualitas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!